Senin, 13 September 2021

JURNALISME ONLINE - 4

 

THE NEWS INDUSTRY



 Kelompok C

-          Emily Diona Christine / 19.M1.0039

-          Hosiana Indah Berlianti / 19.M1.0044

-          Nadya Ayu Paramitha / 19.M1.0059



Organisasi reset Pew melakukan survey tentang apa yang orang Amerika tahu dan pikir tentang berita. Pew mengkontak ribuan orang perwakilan sebagai wakil dari negara-negara dan menanyakan bagaimana mereka mendapatkan berita dan apa yang mereka pikirkan tentang berita yang mereka dapatkan itu. Hasilnya lebih dari 50% orang Amerika mengatakan “agak” dekat dengan pengikut internasional, namun hanya persentasi kecil mengaku sebagai pecandu berita. Tapi cuman 17% yang mengikuti berita internasional “dengan sangat seksama”, sedangkan 40% berpendapat mereka hanya mengikuti berita nasional saja, 33% dan 30% masing-masing hanya mengikuti berita lokal dan lingkungan.

Warga Amerika menggunakan media digital untuk mendapatkan berita. Tahun 2016 lebih dari 169 juta penduduk Ameria membaca surat kabar dalam bentuk cetak, web, atau aplikasi. Lalu beralih ke TV. Waktu tayang TV Fox Berita, CNN, dan MSNBC total 5,1 juta penonton. Willians menyimpulkan bahwa koran tetap menjadi sumber informasi yang penting di Amerika. 


The Development of the Newspaper (Perkembangan Surat Kabar)

Dahulu surat kabar dicetak secara teratur dan setiap hari dirilis dalam beberapa eksemplar. Surat kabar ada pada saat Johannes Gutenberg tahun 1400. Walaupun sudah menemukan mesin cetak namun tidak langsung meledak dan merambat secara cepat. Di Inggris bahkan koran tidak diproduksi selama 1600-an. Para penguasa takut dan merasa jika surat kabar dapat melaporkan kejadian-kejadian di negri itu dan bisa memicu adanya revolusi. 

Surat kabar di Eropa itu cenderung ke berita bisnis dan politik. Targetnya itu para saudagar karena harus tau politik dan ekonomi di sluruh dunia dan dunia baru yang sedang dijajah oleh negara eropa. Lalu penguasa Inggris dipaksa perebutan kekuasaan dan mulau melenturkan angkatan laut dan perdagangannya, musik dan surat kabar akhirnya menjadi fitur tetap di negri.

Elemen dan tema dengan koran :


  1. Surat kabar yang modern tidak bisa sampai dengan cepat sebagai hasil dari perubahan besar.


The Daily Courant di internet yaitu surat kabar bahasa Inggris dari tahun 1600-an. Tidak seperti koran, dibutuhjan ratusan tahun untuk berbentuk koran seperti yang kita kenal.

Foto halaman depan New York World di awal 1900-an tampak seperti koran kontemporer. Jika terus ditelusuri maka perkembangan alur waktu, inovasi teknologi akan terasa. Perubahan pada tampilan koran muncul dengan pengembangan metode untuk menciptakan berita di semua halaman menggunakan foto, masukin gambar, foto berwarna. Teknologi menyebarkan berita sekarang tidak lagi menggunakan mesin uap tapi menggunakan telehraf, komputer, dll.


  1. Surat kabar sebagai perantara komunikasi yang dikembangkan sebagai hasil dari sosial dan respon hukum pada teknologi selama periode yang berbeda.


Akan ada insiden yang berhubungan dengan tema ini. Dari Peter Zenger hingga kemarahan para kolonis amerika atas pengetahuan pajak inggris, hingga amandemen pertama konstitusi. Di sisi lain kita melihat kemampuan membaca dan menulis. Contoh  Union Papers tahun 1820-an keberhasilan ditunjukkan pada orang biasa digabungkan dengan teknologi fast printing dan kertas murah untuk mendorong pertumbuhan jenis baru di surat kabar. Itu adalah awal surat kabar di AS. Dengan ini ada definisi berita yaitu layanan kabel untuk membantu melaporkan ke seluruh dunia dan ada cara baru untuk menggunakan seperti telegraf, kamera, dan telepon untuk melaporkan berita.


  1. Surat kabar sebagai perantara komunikasi sudah ada lama sebelum keberadaan dari industri surat kabar. 


Sebelumnya seluruh proses penulisan artikel, percetakan kertas dan penyampaian ke pembaca biasanya dilakukan oleh seorang penyiar, keluarganya, dan mungkin seorang asisten. Dengan adanya pers maka keberhasilan datang dengan reporter meliput topik, editor memeriksa, dan departemen bisnis untuk membawa iklan. Pers mulai besar semenjak ada iklan membengkak. Dan media lain seperti film, radio, tv dan internet muncul dan membawa inovasi baru. 

Penurunan pembaca terjadi dan lebih pindah ke web seperti blog, google news, facebook, dan twitter.


An Overview of the Contemporary Newspaper Industry


Daily Newspaper

Surat kabar akan bersaing dengan lainnya. Di situs web surat kabar gratis ada di beberapa web. Tapi ada krisis dan banyak orang kehilangan rumah dan pekerja menjadi lemah bahkan mendorong untuk tutup dan meminjam uang banyak. Namun ternyata banyak yang masih bertahan dan membuat web tetap hidup.


The Variety of Newspaper

Penting dilakukan bahwa sirkulasi jumlah pelanggan tidak sama dengan jumlah pembaca. Beberapa majalah cenderung dibagikan oleh banyak orang dan surat kabar mencoba untuk meyakinkan para pengiklan sedikit lebih tinggi dari peredaran. 

 

Financing the Newspaper Business

Terlepas dari ukuran, konten atau bahasa, surat kabar membutuhkan uang. Iklan adalah kunci untuk menghasilkan uang. Namun, dalam dekade terakhir, iklan telah menurun karena sponsor telah mengalihkan dana ke aplikasi dan situs web dengan audiens yang sama seperti surat kabar. Namun, pendapatan dari iklan dan pemasaran masih cukup besar.

Advertising

Iklan dapat tampil sebagai sebuah lembar pracetak yang mengiklankan produk, layanan, atau pengecer tertentu(FSI). Perusahaan yang memiliki surat kabar modern di kota mereka khawatir tentang tarif iklan yang dapat bersaing dengan radio dan televisi atau bahkan siaran lokal yang ditempatkan di surat kabar nasional.

Retail Advertising

Periklanan Ritel Iklan ritel lokal dilakukan oleh perusahaan yang berlokasi di wilayah geografis yang sama dengan surat kabar tempat iklan tersebut ditempatkan. Beberapa dari pengiklan ini mungkin merupakan bagian dari rantai nasional, tetapi tujuan dari iklan tersebut adalah untuk membujuk orang agar berbelanja di outlet lokal.

Classified Advertising

Iklan Baris adalah pengumuman singkat untuk suatu produk atau layanan yang biasanya dikelompokkan dengan pengumuman untuk produk atau layanan lain yang sejenis. Telah terjadi penurunan pendapatan dari iklan karena munculnya situs-situs online yang menyertakan iklan di dalamnya.

National Advertising

Iklan nasional adalah iklan yang dipasang oleh perusahaan nasional dan multinasional besar yang melakukan bisnis di wilayah geografis surat kabar. Setidaknya sejak tahun 2003, iklan nasional telah mewakili antara 17 dan 19% dari iklan surat kabar harian. Namun, seperti halnya iklan ritel dan iklan baris, jumlah aktual yang diwakili oleh angka-angka tersebut menurun tajam di akhir tahun 2000-an.

Circulation

Dilema ganda yang dihadapi bisnis: (1) untuk terus menarik keuntungan periklanan dan sirkulasi dari produk cetak yang menurun sementara (2) membangun produk digital yang berada di jalur untuk menggantikan media cetak sebagai masa depan bisnis. Strategi cetak melibatkan usaha untuk menciptakan produk yang menarik bagi pembaca dan efisien dalam hal distribusi. Strategi digital melibatkan upaya memikirkan kembali penyajian dan penyampaian berita, serta siapa yang harus membayarnya. Kedua strategi tersebut mempengaruhi agenda berita yang ditawarkan perusahaan surat kabar kepada khalayaknya.

 Produksi di  Industri Surat Kabar

Membuat konten surat kabar : membuat isi berita yang menarik agar khalayak tertarik untuk membacanya. Dalam pembuatan surat kabar, pastinya ada yang turut ikut serta di dalamnya.

·         advertising–editorial ratio

ditentukan oleh penerbit, rasio ini menentukan keseimbangan antara jumlah ruang yang tersedia untuk iklan dan jumlah ruang yang tersedia untuk materi wditorial dalam satu edisi surat kabar.

·         news hole

jumlah halaman yang tersisa dan tersedia untuk bahan editorial (berdasarkan jumlah halaman yang dibutuhkan untuk iklan)

·         editor

eksekutif yang bertanggung jawab atas semua operasi yang diperlukan untuk mengisi lubang berita

·         managing editor

individu yang mengoordinasikan pekerjaan bagian (atau departemen) di dalam surat kabar

·         general assignment reporters

wartawan surat kabar yang meliput berbagai topik di departemen mereka

·         beat

tugas jangka panjang yang spesifik yang mencakup area topik tunggal

·         freelancers

pekerja yang mencari, menerima, dan menyelesaikan tugas

kreatif dari sejumlah surat kabar kadang beberapa sekaligus

·         wire services

Organisasi dengan biaya tertentu, menyediakan surat kabar dengan aliran berita keras dan cerita fitur tentang topik internasional, nasional, dan bahkan negara bagian melalui telepon berkecepatan tinggi, kabel, dan/atau koneksi internet

·         syndicates

perusahaan yang menjual berita ringan, materi editorial, kartun, dan foto ke surat kabar untuk digunakan

·         deadline

waktu ketika versi final dari pekerjaan reporter harus masuk

·         copy editors

individu yang mengedit cerita yang ditulis oleh wartawan; mereka mengedit panjang, akurasi, gaya, dan tata bahasa dan menulis berita utama untuk mengiringi cerita

·         24/7

berita sepanjang waktu organisasi yang terus-menerus

memperbarui cerita dan menyajikan yang baru

·         blog

semacam buku harian atau jurnal yang dapat menggambarkan peristiwa seputar liputan dan yang mengundang tanggapan pembaca

·         users

pengguna situs web 

Teknologi Penerbitan Makalah

Banyak orang masih membaca versi cetak atau online. Membuat situs web untuk mereka baca dengan jadwal 24/7 adalah aktivitas yang menantang dan mahal. Ini membutuhkan profesional teknologi informasi yang mengikat jurnalis ke dunia yang melibatkan pembuatan situs dengan banyak lapisan dan penyimpanan materi dalam jumlah besar. Wartawan sekarang dapat pergi ke mana saja dengan komputer portabel dan mengirim cerita ke departemen rumah dalam bentuk yang dapat segera dibaca dan dicetak. Kertas yang lebih kecil menggunakan pendekatan yang serupa, meskipun jauh lebih murah. Mereka kemudian dapat membawa hasilnya ke toko percetakan lokal, di mana bahannya dapat dicetak dengan biaya yang relatif murah.

Distribusi di Surat Kabar

Perusahaan harus mengoordinasikan penyajian cerita tekstual, grafis, dan video kepada pengguna yang menggunakan komputer atau perangkat seluler mereka untuk mengakses situs web surat kabar atau aplikasi khusus surat kabar untuk sistem iPhone dan Android. Mereka harus mendistribusikan tautan ke cerita digital makalah mereka kepada orang-orang yang meminta pembaruan melalui email atau Twitter. Mereka harus memastikan penayangan iklan kepada pengguna tersebut . Perusahaan surat kabar, terutama harian, biasanya mendistribusikan produk mereka sendiri.

Menentukan Tempat Memasarkan Koran

Banyak pertimbangan yang menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan. Diantaranya adalah faktor-faktor tersebut:

1.      Lokasi konsumen yang ingin dijangkau oleh pengiklan utama Lokasi pabrik

2.      Percetakan sekarang dan yang akan datang

3.      Kompetisi makalah lain

4.      Loyalitas pada koran, jika ada, yang tampaknya dimiliki oleh orang-orang di berbagai daerah

Distribusi Alternatif dan Taktik Pemasaran

Surat kabar menghemat sejumlah besar uang dengan menggabungkan beberapa fasilitas produksi dan staf mereka yang ada. Pada saat yang sama, masing-masing koran mempertahankan area liputan tradisionalnya dan loyalitas pembaca di area tersebut. Pameran surat kabar cetak tidak banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir, meskipun tren surat kabar online meledak.

Pameran di Industri Surat Kabar 

Distribusi atau penyaluran melalui outlet berita online yang dapat dijangkau spabila pengguna ingin dan dapat mengakses melalui komputer, smartphone, dan perangkat lainnya. Distribusi surat kabar juga biasanya melalui kotak surat kabar baik di rumah, di toko, hingga di jalan, apabila konsumen sudah berlangganan surat kabar maupun yag tertarik untuk membelinya sehingga distribusi surat kabar dapat dijangkau dengan mudah.

Surat kabar harian atau mingguan menjamin pencapaian cakupan pasar total yang hampir di setiap rumah di area liputan surat kabar ini disebut Total Market Coverage (TMC) atau Cakupan Pasar Total. Namun seiring penurunan konsumen yang menerima surat kabar ini, dihadapi dengan cara memproduksi kertas yang dibagikan dengan gratis pada setiap konsumen dengan area tertentu sehingga perusahaan memberikan tawaran khusus dan tentunya kepada khalayak luas.

Perusahaan yang menawarkan TMC ini yaitu ada perusahaan surat langsung atau direct mail firms, dimana surat kabar yang dikirim langsung ke tempat konsumen dari perusahaan periklanan itu sendiri. Sedangkan pakaian surat pernikahan atau marriage mail outfits merupakan perusahaan yang memberikan surat kabar yang memberikan iklan yang disisipkan dalam bentuk lembaran atau brosur dengan pengiklan yang dikelompokkan menjadi satu.


Masalah Utama Industri: Membangun Jumlah Pembaca

Membangun pembaca surat kabar cetak dengan mengutamakan; tata letak yang lebih menarik dan berwarna, pemilihan artikel untuk menarik pembaca khusus, mengutamakan lokalisme (penekananan peliputan berita nasional dan internasional pada lingkungan sekitar agar meningkatkan perhatian pembaca apabila ditampilkan di halaman depan).

Membangun pembaca surat kabar digital dimana perkembangan teknologi semakin canggih dapat melalui; kegiatan podcast atau hasil rekaman audio yang dapat diunduh dan didengar melalui pemutar MP3 sehingga surat kabar dapat dikonsumsi melalui audio visual melalui pendengaran.


Masa Depan Surat Kabar Versus Masa Depan Jurnalisme

Surat kabar yang dibuat dengan versi cetak pada akhirnya akan menghilang dan kemudian tergantikan dengan  surat kabar online sebagai transisi dalam digitalisasi. Perkembangan surat kabar masih menjadi penting dimana mendorong bentuk pembuatan berita yang terus berkembang sehingga kegiatan jurnalisme pasti memiliki solusi menghadapi dunia yang mana harus didukung.


Etika dan Model Jurnalisme Baru

Adanya model media dalam persebaran surat kabar media digital membuat beberapa masalah yaitu aktifitas menggunakan pekerjaan surat kabar tanpa membayar dan pertanian konten atau pabrik konten. Namun jurnalisme dapat menghasilkan pekerjaan yang berkualitas dan mendapatkan penghasilan yang sesuai. 

0 komentar:

Posting Komentar