Sabtu, 15 Oktober 2016

Generasi Berjiwa Technopreneur

Haloooo! Welcome to my blog! Aku mau tanya dulu deh, kalian yang baca, kalian ingin sukses gak??? YA PASTI PENGEN DONG! Iya gak? Pasti kalian bakal jawab itu. Kalo kalian yang masih sekolah bingung, biasanya kesuksesan diraih dengan penghasilan,  kalo masih sekolah belom boleh kerja, minimal harus 17 tahun. Atau anda yang sudah bekerja tetapi penghasilan yang ‘segitu gitu aja’. Jangan khawatir! Ada peluang untuk kalian!
Hari ini aku ingin kasih tau kalian tentang TECHNOPRENEUR! Apa sih technopreneur itu? Apa aja sih manfaatnya? Gimana caranya biar jadi technopreneur? Semua pertanyaan bakal terjawab disini! Ayo  kita ulas satu persatu!

TECHNOPRENEUR

Apa sih Technopreneur itu?
Dari namanya aja, udah keliatan kalo techno itu singkatan dari kata Technology yaitu teknologi. Sedangkan preneur itu sendiri singkatan dari Entrepreneur yang berarti orang yang kreatif dan bisa memanfaatkan peluang. Jadi arti technopreneur itu sendiri adalah seseorang yang memiliki sifat kreatif, inovatif, yang sanggup menangkap dan memanfaatkan peluang dalam teknologi.

Apa harus jadi Technopreneur?
HARUS! Kenapa? Ini alasan kenapa kalian harus jadi Technopreneur:
1. Masa depan ada di tangan kalian sendiri. Yap! Betul banget! Ini alasan yang paling pertama dari yang utama. Kalian gak perlu takut, karena ketika menjadi Technopreneur kalian yang menentukan sendiri bagaimana kalian dimasa yang akan mendatang.
2. Bebas dari tekanan atasan / pemilik perusahaan. Poin kedua ini gak kalah penting sama poin pertama tadi. Menjadi Technopreneur berarti kita benar – benar tidak terlibat dengan posisi / jabatan seperti yang ada pada perusahaan. Jadi jika ada sesuatu problem / masalah kalian tidak akan pernah mengalami yang namanya “dimarahin atasan”.
3. Tidak terikat ruang dan waktu. Ini poin yang bagus banget. Kalau di perusahaan kalian bekerja, pasti waktu kalian bekerja ditentukan dari perusahaan itu sendiri. Sedangkan Technopreneur? Haha , kalian tidak dibatasi oleh waktu dituntut pekerjaan harus selesai jam bla bla bla. Ruang dan waktu ditentukan oleh kalian sendiri. Jadi waktu untuk bersantai kalian bisa mengaturnya sendiri. Enak bukan?

Menjadi Technopreneur memiliki alasan yang sangat memiliki peluang. Tetapi dengan peluang tersebut, juga harus diimbangi dengan karakter/ sikap yang harus dimiliki. Apa aja sih karakter yang harus dimiliki seorang Technopreneur?
1. Berani bermimpi besar. Karena mimpi adalah awal dari segalanya, beranilah kalian untuk bermimpi besar! Jangan takut bahwa mimpi yang kalian mimpikan tidak akan terjadi. Melalui usaha, kerja keras dan pasti meminta pertolongan kepada Tuhan. Jalan keluar pasti terbuka!
2. Harus berani gagal. PASTI ketika kalian membuat sesuatu, pasti ada masalah. Masalah yang membuat kita harus bangkit dari keterpurukan dan terus berusaha supaya mencapai kesuksesan.
3.  Berani disiplin. Ini sikap yang harus diperhatikan. Dari ulasan sebelumnya, seorang Technopreneur tidak terikat dari atasan/ pemilik perusahaan, tetapi bukan berati bisa bermalas-malasan, karena tidak mungkin dimarahi oleh atasan. Justru menjadi Technopreneur harus lebih disiplin dari seorang pekerja perusahaan, harus mengatur waktu sendiri. Intinya DISIPIN!
4. Berserah diri kepada Tuhan. Dari semua sikap yang tertulis diatas maupun tidak tertulis. Jika tidak meminta pertolongan Tuhan. SEMUA AKAN SIA SIA. Entah kalian sangat disiplin, atau sudah berusaha, tetapi tidak diawali dengan menyerahkan kepada Tuhan, aku tulis sekali lagi, semuanya itu akan sia sia.

Kalau udah tau arti Technopreneur, alasan kenapa harus menjadi Technopreneur, serta karakter yang harus dimiliki, apa aja sih unsur – unsur kesuksesan dalam memulai suatu bisnis?
1. Pengusaha yang memiliki informasi yang cukup. Menjadi Technopreneur, kalian harus memiliki informasi yang khususnya teknologi yang ada di dunia ini. Jangan sampai produk yang kalian hasilkan itu kesannya gak jaman atau istilahnya jadul. Wah jangan sampai ya!jadi kalian harus update tentang dunia ini!
2. Produk yang tepat. Produk yang dihasilkan harus bisa dijual supaya dapat pendapatan dan harus mengetahui produk yang tepat untuk konsumen kita.
3. Pasar (konsumen) yang tepat. Ini berkaitan dengan produk yang kita hasilkan. Produk yang kita hasilkan juga harus dijual kepada pasar (konsumen) yang tepat. Untuk memilih calon konsumen dapat dilakukan dengan cara seperti dibawah ini:
- Segmenting (pengelompokkan). Mengelompokkan dengan membagi berdasarkan wilayah, usia/jenis/tingkatpendidikan, dan berdasarkan perilaku (gaya hidup)
- Targeting (pemilihan). Yaitu dari pengelompokan yang tadi, kita harus memilih calon konsumen mana yang akan kita layani.
- Positioning (posisi/tempat)nyaitu bagaimana memposisikan produk di hati konsumen (tagline / slogan)
4. Keunggulan bersaing yang spesifik. Keunggulan bersaing pastinya ada strateginya dong. Apa sih strateginya? Ini dia:
- biaya produksi yang murah. Jika biaya produksi itu murah, maka produk otomatis akan murah. Itu membuat produk yang akan kita hasilkan dapat terjual. Walaupun murah tetapi banyak yang membeli lebih menguntungkan daripada yang dijualkan mahal tapi yang membeli sedikit.
- menciptakan perbedaan dengan produk bersaing. Dengan perbedaan yang kalian ciptakan maka konsumen pun akan membutuhkan dan akan memberi manfaat lebih bagi konsumen / pelanggan itu sendiri.
5. Etika bisnis dan rencana tanggung jawab sosial peusahaan. Etika perusahaan merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Sedangkan tanggung jawab sosial sendiri merupakan suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat dan secara luas meliputi tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan dan karyawan.
6. Rencana bisnis. Rencana bisnis dibuat dengan alasan:
- menarik minat investor
- dokus pada tujuan bisnis
- sebagai persyaratan untuk peminjaman modal usaha bisnis ke lembaga pembiayaan

Nah itu adalah penjelasan tentang Technopreneur! Kalian sudah membaca semuanya dari arti, alasan, karakter yang harus dimiliki, hingga unsur – unsur kesuksesan dalam memulai suatu bisnis. Semoga apa yang aku tulis ini sangat bermanfaat bagi kalian semua, mohon maaf kalau ada kesalahan kata kata atau bahasa yang kurang pantas. Thank you for reading! Xoxo!

Saya mengikuti Lomba Blog yang diselenggarakan UNAKI Semarang


0 komentar:

Posting Komentar