Kamis, 20 Oktober 2016

Membangun Generasi Berjiwa Technopreneur

Halo!! Nah kelanjutannya yang tadi, Menjadi Technopreneur memiliki alasan yang sangat memiliki peluang. Tetapi dengan peluang tersebut, juga harus diimbangi dengan karakter/ sikap yang harus dimiliki. “Apa aja sih karakter yang harus dimiliki seorang Technopreneur?” Mari kita bahas!

1. Berani bermimpi besar. Karena mimpi adalah awal dari segalanya, beranilah kalian untuk bermimpi besar! Jangan takut bahwa mimpi yang kalian mimpikan tidak akan terjadi. Melalui usaha, kerja keras dan pasti meminta pertolongan kepada Tuhan. Jalan keluar pasti terbuka!
2. Harus berani gagal. PASTI ketika kalian membuat sesuatu, pasti ada masalah. Masalah yang membuat kita harus bangkit dari keterpurukan dan terus berusaha supaya mencapai kesuksesan.
3.  Berani disiplin. Ini sikap yang harus diperhatikan. Dari ulasan sebelumnya, seorang Technopreneur tidak terikat dari atasan/ pemilik perusahaan, tetapi bukan berati bisa bermalas-malasan, karena tidak mungkin dimarahi oleh atasan. Justru menjadi Technopreneur harus lebih disiplin dari seorang pekerja perusahaan, harus mengatur waktu sendiri. Intinya DISIPIN!
4. Berserah diri kepada Tuhan. Dari semua sikap yang tertulis diatas maupun tidak tertulis. Jika tidak meminta pertolongan Tuhan. SEMUA AKAN SIA SIA. Entah kalian sangat disiplin, atau sudah berusaha, tetapi tidak diawali dengan menyerahkan kepada Tuhan, aku tulis sekali lagi, semuanya itu akan sia sia.

Kalau udah tau arti Technopreneur, alasan kenapa harus menjadi Technopreneur, serta karakter yang harus dimiliki, “apa aja sih unsur – unsur kesuksesan dalam memulai suatu bisnis?”llll
1. Pengusaha yang memiliki informasi yang cukup. Menjadi Technopreneur, kalian harus memiliki informasi yang khususnya teknologi yang ada di dunia ini. Jangan sampai produk yang kalian hasilkan itu kesannya gak jaman atau istilahnya jadul. Wah jangan sampai ya!jadi kalian harus update tentang dunia ini!
2. Produk yang tepat. Produk yang dihasilkan harus bisa dijual supaya dapat pendapatan dan harus mengetahui produk yang tepat untuk konsumen kita.
3. Pasar (konsumen) yang tepat. Ini berkaitan dengan produk yang kita hasilkan. Produk yang kita hasilkan juga harus dijual kepada pasar (konsumen) yang tepat. Untuk memilih calon konsumen dapat dilakukan dengan cara seperti dibawah ini:
- Segmenting (pengelompokkan). Mengelompokkan dengan membagi berdasarkan wilayah, usia/jenis/tingkatpendidikan, dan berdasarkan perilaku (gaya hidup)
- Targeting (pemilihan). Yaitu dari pengelompokan yang tadi, kita harus memilih calon konsumen mana yang akan kita layani.
- Positioning (posisi/tempat)nyaitu bagaimana memposisikan produk di hati konsumen (tagline / slogan)
4. Keunggulan bersaing yang spesifik. Keunggulan bersaing pastinya ada strateginya dong. Apa sih strateginya? Ini dia:
- biaya produksi yang murah. Jika biaya produksi itu murah, maka produk otomatis akan murah. Itu membuat produk yang akan kita hasilkan dapat terjual. Walaupun murah tetapi banyak yang membeli lebih menguntungkan daripada yang dijualkan mahal tapi yang membeli sedikit.
- menciptakan perbedaan dengan produk bersaing. Dengan perbedaan yang kalian ciptakan maka konsumen pun akan membutuhkan dan akan memberi manfaat lebih bagi konsumen / pelanggan itu sendiri.
5. Etika bisnis dan rencana tanggung jawab sosial peusahaan. Etika perusahaan merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Sedangkan tanggung jawab sosial sendiri merupakan suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat dan secara luas meliputi tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan dan karyawan.
6. Rencana bisnis. Rencana bisnis dibuat dengan alasan:
- menarik minat investor
- dokus pada tujuan bisnis
- sebagai persyaratan untuk peminjaman modal usaha bisnis ke lembaga pembiayaan
Terima kasih sudah membaca artikel saya! Semoga bermanfaat!



Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba Blog dan Universitas AKI dalam rangka memperingati Dies Natalis Unaki ke-22. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

Dies Natalis Unaki Ke-22 


0 komentar:

Posting Komentar