Sabtu, 26 November 2016

DIY Camera Soft Case!

Jadi ceritanya gue lagi pengen beli softcase buat Nikon Coolpix P7100 gue, tapi ternyata di Indonesia belom ada yang jual, karena emang tipe kamera ini ga terlalu beken di Indonesia, kalah saing ama kamera tetangga, yaitu Canon dengan tipe yang mirip mirip gitu. Gue udah liat di kaskus, mereka kebanyakan jual yang buat Canon. Kemudian gue cek di amazon & ebay, dan ternyata ada, tapiiii karna gue ga pernah nyoba beli barang dengan jarak jauh begitu, gue ragu buat beli. Plus I need credit card to pay it, added with shipping fee, the price would be much more expensive. Dan akhirnya gue berfikir, hey kenapa ga coba bikin sendiri aja? Emang ga bisa ngalahin kualitas pabirk sih, tapi lebih baik daripada ga ada kan? So let's check this tutorial out...
Softcase inceran gue


Softcase ini bisa kalian bikin buat kamera digital, ataupun kamera prosumer, pokonya yang bentuk kameranya kotak deh. Kalo kamera kaya mirrorless & SLR tidak bisa, karena bentuknya cukup ribet, untung kamera saya kotak ho ho ho. FYI: this tutorial is made for dummies, cause it's really a simple one :p


WHAT YOU NEEDS:
- 2-3 lembar kain flanel, warna terserah, bisa ditemukan di toko bahan bahan jahit terdekat. Gue pake warna ijo tosca dan kuning
- Strap pelekat, warna sesuai selera (or in my case, sesuai yang ada di rumah)
- Jarum jait
- Benang jait, warna yang disesuaikan dengan kain flanel atau sesuai selera, gue sendiri pake warna hitam.
- Gunting

STEPS:
Persiapan
Ukur kamera anda, kemudian buat polanya di kain flanel. Setelah dirasa cocok, polanya dapat digunting. Polanya gausah ribet ribet, bikin kotak kotak aja untuk bagian depan, belakang, kiri, kanan, dan bawah (bagian atas menyusul) sesuai dengan ukuran kamera kalian, dan lebihin sekitar satu senti untuk jarak menjahitnya. Untuk tahapan ini gue lupa ngefotonya, karena bikin polanya pun udah berminggu minggu sebelum proses penjaitan -.- Dan untuk proses penjahitannya gue cuma pake ilustrasi karena emang enggak difoto hehe ^^v

Jahit tahap awal
Setelah pola sudah selesai, jahit bagian atas, bawah dan depan terlebih dahulu sampe jadi satu bagian kain lurus. Jika sudah selesai, tambahkan pola kiri kanan ke salah satu potongan pola atas/bawah.
Jahit dengan urutan seperti ini

Jahit tahap lanjutan
Bagian ini adalah bagian yang cukup sulit. Pada tahap ini kita akan membuat pola menjadi bentuk persegi (tanpa tutup). Sehingga kita harus menjahit bagian kiri pola nomor 2 ke bagian bawah pola nomor 4, dan bagian kanan pola nomor 2 ke bagian bawah pola nomor 5. Lihat ilustrasi dibawah, jahit di bagian yang berwarna merah
Jahit mengikuti tanda panah
Kemudian, jahit lagi bagian kiri pola nomor 3 ke bagian kiri pola nomor 4, dan bagian kanan pola nomor 3 ke bagian kanan pola nomor 5, lihat ilustrasi
Jahit mengikuti tanda panah

Jahit tahap akhir
Setelah melewati bagian ini, balik hasil jahitan kalian dan voila... kalian akan mendapatkan softcase kalian tanpa penutupnya. Pada bagian ini, kalian bisa mencoba memasukan kamera kalian ke soft casenya, kalo udah pas, lanjutkan, kalo belom pas di pasin dulu (this is the toughest part, I've been doing this step over and over)
Anggep aja belom pake tutupp ya hehe

Namun ada hal yang harus diperhatikan, diantaranya jahitan di bagian sudut/ujung, kalian harus memastikan jahitan di bagian ujung terpasang dengan kuat agar tidak lepas. Supaya lebih yakin kalian bisa menjahit bagian ujung ujungnya dua kali.
Jahit bagian sudut sudutnya dua kali
Kemudian, buat pola penutupnya, tentu bagian penutup harus lebih panjang. Jangan lupa diberi sedikit lekukan di kedua sudut agar jadi lebih menarik, atau sesuai kreatifitas kalian. Kemudian jahit ke softcase yang sudah setengah jadi tadi

Setelah selesai, sekarang tinggal menjahit strap pelekatnya. Satu di bagian depan badan softcase dan satu di bagian dalam penutup. Dan jadiiiiii.....


Walaupun kelihatannya mudah, tapi ternyata ngerjain beginian menguras tenaga juga loh. Dan sekarang silakhan nikmati hasil karya kalian. Oiya jika kalian ada mesin jahit dirumah, lebih baik pakai mesin jahit karena hasil jahitannya lebih rapih dan kencang.

BEFORE
AFTER

Oke kenapa gue bilang softcase ini belom selesai? Liat kan bekas jahitan kotak di penutupnya? I kind of annoyed with that! I planned to make additional accessories to hide it. Tapi belom beli bahannya, mau nambahin nempel kain flanel yang udah ditempel mata dan senyuman, gonna update with the photo after done it :D

Oiya saran gue beli kain flanelnya yang bagusan, kain flanel yang gue pake sepertinya gampang kendor :( Terus setelah kalian punya softcase ini, jangan lupa buat tetep simpen kamera kalian di dalam tas kamera ya! Karena tetep aja softcase ini cuma temporary case. For me, I will use this softcase when I travel with camera hanged around my neck, so the camera won't get any scratch if it bumped. Oke ciaoooo dulu yaaaah xoxo




source http://miarenauly.blogspot.com/2014/03/diy-project-camera-soft-case-tutorial.html

0 komentar:

Posting Komentar